KPH Indramayu lakukan Study Banding Ke Asper Subang

BERITA METRO, SUBANG – Pihak Perum Perhutani Kabupaten Subang Jawa Barat, Balai Kesatuan Pangkuan Hutan (BKPH) Asisten Perum Perhutani (Asper) wilayah Ciasem-Pamanukan KPH Purwakarta kedatangan tamu dari Asper Indramayu dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Saraswati KPH Indramayu

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka amelakukan study banding menyangkut pengelolaan hutan dan perempangan payau di wilayah Resort Pangkuan Hutan (RPH) Poponcol Desa Tegalurung BKPH Asper Ciasem-Pamanukan

Dalam kesempatan itu rombongan study banding terdiri dari Asper Indramayu, yang dipimpin oleh Edi Madyani, Kepala seksi satuan pengelolaan Hutan Bersama masyarakat KSS-PHBM), Darto, Kepala RPH Cangkring, Sabar, Mandor RPH Cemara, Adang dan Ketua LMDH Saraswati, H.Istanto

Rombongan diterima oleh KSS PHBM KPH Purwakarta, Sarja Sana, Wakil Kepala Administratur Subang, Asep Setiawan, S.hut dan Asper BKPH Ciaem-Pamanukan, Kusnadi dan Kepala RPH Poponcol, Adi Mulya, Ketua LMDH Tegalurung, Ir.H.Atep tak ketinggalan pula para mandor Asper wilayah tersebut.

Menurut Asper Indramayu, Edi Madyani kunjungan dilakukan dalam rangka study banding pengelolaan hutan payau diwilayah tersebut yang diindikasikan pengeloaannya lebih baik dari pada diwilayah kerjanya. Keberhasilan pengelolaan hutan payau di Kabupaten Subang ini akan dijadikan percontohan dan untuk dikembangkan diwilayah kerjanya.

“Kunjungan ini kami lakukan karena pihak kami memandang keberhasilan pengelolaan hutan payau di wilayah Subang hususnya di Asper Ciasem-Pamanukan merupakan gambaran dan perlunya diterapkan diwilayah kerja kami, hal ini akan dilakukan secara berkesinambungan,”ucap Edi.

Hal senada dikatakan Ketua LMDH Sarawati, H.Ristanto keberhasilan pengelolaan hutan payau payau didalamnya terdapat perempangan yang sedemikian dapat dikelola dengan baik, hal ini merupakan keberhasilan Asper Ciasem-Pamanukan dalam melakukan pembinaan kepada para penggarapnya. Sehingga keberhasilan pembinaan disini patut ditiru dan akan duterapkan di Indramayu.

“Keberhasilan kami hanya terjadi adanya keberhasilan secara ekonomi, sementara apabila dipandang secara ekologi, untuk itu keberhasilan penerapan pengeloaan hutan payau disini akan kami coba diterapkan di anggota kelembagaan kami,”rencana Ristanto.

Asper Ciasem-Pamanukan, Kusnadi senada dengan KSS PHBM KPH
Purwakarta, Sarja Sana mengungkapkan kebanggaannya adanya kunjungan study
banding yang dilakukan oleh pihak KPH Indramayu, yang mana pengelolaan hutan
payau dan perempangan dianggap berhasil oleh pihak lain ini menjadikan cambuk
kedepan untuk meingkatkan pengelolaan yang lebih baik lagi.

Hal ini merupakan keberhasilan pembinaan diwilayah kerjanya tidak hanya dipandang berhasil oleh pihaknya, namun keberhasilan dan pujian datang dari pihak lain merupakan kebanggaan KPH Purwakarta.

“Mudah-mudahan saja keberhasilan pengelolaan ini yang dijadikan percontohan oleh Asper KPH Indramayu, akan dapat membawa nama baik Asper KPH Purwakarta sekaligus menjadi raport baik bagi kami,”Ucap KSS Sarja diiyakan Kusnadi@ AGUS HIDAYAT/PIRDAUS