PSDA Sosialisasikan Penanggulangan Bajir dan Kekeringan


CIREBON, MC

Sosialisasi Penanggulangan Pasca Banjir dan Antisipasi Kekeringan pada Daerah Irigasi Rentang musim tanam 2007-2008, belum lama ini yang dilaksanakan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, yang mengambil tempat di Gedung Serba Guna SMKN I Susukan Kec. Susukan Kab. Cirebon Jawa Barat, yang dihadiri Kepala Bakorwil III Cirebon, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Bupati Cirebon, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Prikanan dan Kelautan, Kepala Bagian Operasional (Polres) dan peserta Penyuluhan srta para undangan yang lainnya

Ir. H. Tarjono, M.M Kepala Dinas PSDA Kab.Cirebon dalam sambutannya mengatakan, Mengawali kegiatan hari ini, marilah kita panjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT. Atas segala Nikmat, Rahmat serta Hidayahnya yang telah diberikan kepada Kita sekalian, sehingga pada hari ini dapat bersilaturahmi dan hadir pada acara Sosialisasi Penanggulangan Pasca Banjir dan Antisipasi Kekeringan pada Daerah Irigasi (DI) Rentang Kabupaten Cirebon Masa Tanam 2007/2008

Latar Belakang Penyelenggaraan Kegiatan, sebagaimana dimaklumi bahwa kejadian bencana banjir dan kekeringan di Kabupaten Cirebon setiap tahun terjadi Syukurlah pada musim hujan Tahun 2007 / 2008 kejadian banjir relatif kecil hanya pada beberapa daerah di Kabupaten Cirebon seperti di Kecamatan Gunungjati dan Kapetakan akibat meluapnya Kali Condong dan Kali Pekik pada tanggal 19 Maret 2008, Namun demikian kita akan segera memasuki musim kemarau diperkirakan pada bulan Mei sampai Oktober mendatang Kejadian kekeringan pada Musim Tanam II Tahun 2006/2007 yang lalu ±8.000 Ha terancam terancam gagal panen, atas upaya optimalisasi pembagian air dapat diselamatkan ± 3.000 Ha ( 37,5 %) dan sisanya ± 5.000 Ha ( 62,5 %) gagal panen.

Masih menurut Tarjono, Daerah Irigasi Rentang mendapat pasokan air dari Bendung Rentang yang juga melayani Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu. Terbatasnya debit air pada Bendung Rentang pada musim kemarau menyebabkan Konflik Horizontal masyarakat atau petani atas berbagai kepentingan (tanaman padi, air bersih (PDAM).

Ketika METRO CIREBON Konfirmasi Kepala Dinas PSDA Kab.Coirebon Ir. H. Tarjono, M. M mengatakan Penyelenggaraan Sosialisasi dimaksudkan untuk memfasilitasi antar lembaga atau instansi pengelola sumber daya air dengan seluruh stake holder dalam penanggulangan pasca banjir dan antisipasi kekeringan pada Daerah Irigasi Rentang Kabupaten Cirebon Masa Tanam 2007/2008, Mengurangi ancaman kekeringan dan kegagalan panen tanaman padi MT II 2007/2008 pada Daerah Irigasi Rentang, Tidak terjadinya Konflik Horizontal masyarakat petani atas Kebijakan Pembagian Air / tata Gilir Air, Mencegah praktek premanisme dalam memenuhi kebutuhan air untuk tanaman dan kepentingan lainnya, namun atas dasar pembagian tata gilir yang adil dan merata.

Ditempat yang sama, Ir. H. Suharto, M. M Kepala Seksi Pemberdayaan Petani Pemakai Air (PPA) Bidang Bina Manfaat PSAD Kab. Cirebon, ketika dikonfirmasi METRO CIREBON menuturkan bahwa Dilaksanakannya acara tersebut hanya I hari, bertempat di Gedung Serba Guna SMK N 1 SUSUKAN Jl. Bagus Serit Desa Kedongdong Kec. Susukan Kab. Cirebon Kegiatan ini diikuti peserta ± 130 orang terdiri dari Unsur Camat se-Wilayah D.I Rentang, Unsur Polsek se-Wilayah D.I Rentang, Unsur Danramil se-Wilayah D.I Rentang, Unsur Kepala Desa se-Wilayah D.I Rentang, Unsur Kepala UPTD Pertanian se-Wilayah D.I Rentang, Unsur Kepala UPTD PSDA se-Wilayah D.I Rentang, Unsur Kepala Bidang Tibum Sat. Pol. PP Kabupaten Cirebon, Unsur Kepala Bidang pada Dinas PSDA Kabupaten Cirebon.

Masih menurut Suharto, Kami selaku panitia mengundang nara sumber yang sangat berkompoten dalam hal ini Kepala Bakorwil III Cirebon, Kepala Balai Besar Wilayah sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan, Pertanian, Perikanan dan Kelautan serta Kepala Bagian Operasional (POLRES Sumber)

Menyinggung tentang Sumber Dana, Ir. H. Suharto memaparkan bahwa sumber dana yang kami serap adalah dari APBD II Kabupaten Cirebon, sedangkan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kegiatan Pemberdayaan Petani Pemakai Air Tahun Anggaran 2008, sedangkan untuk Acara akan dibuka Bapak Bupati Cirebon Drs. H. Dedi Supardi, MM yang diwakili oleh Bapak Sekda Cirebon Drs. H. Novianto Nuriyaman, MM Kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Pasca Banjir dan Antisipasi Kekeringan pada Daerah Irigasi Rentang Kab.Cirebon Masa Tanam 2007/2008@ MOCH.MANSUR