1.5 Juta, Penduduk Kab. Cirebon Lakukan Pemilihan Pemimpin Baru

METRO CIREBON - Penduduk Kab. Cirebon Jawa Barat Sebanyak 1,5 juta (dari 2,4 juta) penduduk, dan yang punya hak pilih pada pelaksanaan pencoblosan nanti (Minggu 26/10) untuk mentukan salah seorang pemimpin yang baru pada periode 2008-2013. Masyarakat sendiri akan melihat di TPS-TPS, diantaranya tiga pasangan balon Bupati

Tiga kandidat pasangan tersebut yakni, nomor urut 1 pasangan Sonjaya Suwardi – Abdul Hayyi (SAH) dari jalur independent, nomor 2 pasangan Dedi Supardi - Ason Sukasa (DESA), calon incumbent yang diusung PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB dan aliansi 12 partai, serta nomor 3 pasangan Djakaria Machmud - PRA Arif Natadiningrat (DAMAR) yang diusung PKB, PKS, PPP.

Warga akan akan melakukan pencoblosan itu dipastikan pada pagi hari berbondong-bondong mendatangi di 3.149. Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk di 9 TPS khusus yang tersebar di 424 Desa dan 12 Kelurahan, yang ada di 40 kecamatan.

Informasi yang diperoleh Dedi Supardi dan keluarganya yang menjadi calon bupati incumbent direncanakan akan melakukan pencoblosan di TPS 1 Desa Bobos Kecamatan Dukupuntang, sedangkan wakilnya Ason Sukasa mencoblos di TPS 3 Desa Gegesik Kecamatan Gegesik.

Sedangkan untuk Pasangan Sunjaya akan mencoblon di Desa Beberan Kec. Palimanan dan Abdul Hayyi di Wilayah Timur Cirebon, Begitu pun dengan Djakaria Machmud akan mencoblos di Desa Setu, Kecamatan Weru, hanya saja wakilnya PRA Arif Natadiningrat tidak akan mencoblos karena tidak punya KTP Kab. Cirebon. Sedangkan Sonjaya mencoblos di Desa Kepuh Kecamtan Palimanan dan wakilnya mencoblos di Desa Gedongan Kecamatan Pangenan.

Sementara itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak dapat diinginkan, serta memberikan keamanan dan kenyamanan, Polres Cirebon akan mengerahkan sekitar 1.120 personel Pasukan. Dengan rincian 1000 personel dan sisanya diperbantukan dari Polda Jabar,Polres Kota Cirebon dan Polres Indramayu.

“Kami,sudah mempersiapkan personel cukup besar untuk mengamankan jalannya Pilkada besok (minggu-red), dan semua personel sudah kami terjunkan,”kata Kapolres AKBP. Drs Edi Mustofa

Pantauan yang dilakukan METRO CIREBON di lapangan di beberapa Desa, warga nampak sibuk mempersiapkan diri melakukan pembuatan TPS menyongsong pesta rakyat kabupaten cirebon tersebut, diantara memasang bilik suara, mengatur meja dan kursi untuk panitia serta warga yang akan memilih calon Bupati baru Kab. Cirebon @ MOCH> MANSUR