KRI Dewaruci Bersandar di Pelabuhan Cirebon

METRO CIREBON, KOTA – Kapal latih taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) KRI Dewaruci KRI Dewaruci, kini tengah bersandar di pelabuhan Muara Jati Kota Cirebon. Kapal layar dengan panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter itu tiba di pelabuhan Cirebon dengan membawa 178 Kadet AAL dan dikomandoi Letkol Laut (P) Suharo.

Kedatangan kapal buatan Jerman itu disambut antusias masyarakat dan pelajar di Kota Cirebon dan sekitarnya. Masyarakat umum diperbolehkan naik ke atas kapal untuk menyaksikan lebih dekat. Sambil menunggu tibanya waktu berbuka puasa, pengunjung duduk-duduk dan berfoto-foto diatas kapal maupun dari kejauhan.

Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat. Kapal ini pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga keluarnegeri. Gambar ini diambil, Senin (7/9). Sebagian isi gambar ini dikutip dari http://kridewaruci.blogspot.com