Lima Pilar Program CSR Indocement Palimanan

METRO CIREBON, PALIMANAN – Dibulan ramadhan ini, managemen Indocement Palimanan melaksanakan kegiatan buka puasa bersama rekan-rekan wartawan media cetak dan elektronik, serta mengundang masyarakat, para kepala desa, serta tokoh ulama dan para santri dilingkungan sekitar pabrik yang memproduksi semen “Tiga Roda” tersebut.

Sambil menunggu waktunya tiba berbuka puasa, para undangan disuguhi ceramah agama yang bertempat di sebuah aula di kantor perusahaan tersebut, Kamis (10/9). Selain itu, bulan Ramadhan ini diisi dengan kegiatan Safari Ramadhan, Tarawih Keliling, Shodaqoh Beras, sampai dengan Halal Bihalal.

Dalam press realese yang diterima METRO CIREBON, top managemen Indocement Palimanan menyampaikan, dalam pelaksanaan program Bina Lingkungan yang merupakan bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Palimanan Kabupaten Cirebon, menerapkan “Lima Pilar” sebagai pedoman. Kelima pilar yaitu, Pilar Pendidikan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi, Bidang Sosial, Budaya, Agama dan Olahraga serta Pilar Kemanan.

Sebagai produsen semen “Tiga Roda”, PT. Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Palimanan Kabupaten Cirebon, tetap berkomitmen melaksanakan program CSR dengan konsep pembangunan yang berkelanjutan. Memelihara lingkungan, memberikan manfaat bagi masyarakat lokal, serta menjaga pertumbuhan perusahaan menjadi tiga dasar utama kepentingan perusahaan tersebut.

Program tersebut diterapkan diseluruh lokasi usahanya Indocement, termasuk di Pabrik Palimanan yaitu terhadap 6 (enam) desa binaan, dimana 4 (empat) desa terletak di Kecamatan Gempol meliputi Desa Palimanan Barat, Desa Kedung Bunder, Desa Gempol, Desa Cikeusal, Desa Ciwaringin serta 1 (satu) desa terletak di Kecamatan Ciwaringin yaitu Desa Ciwaringin.

Adapun program-program CSR yang dilaksanakan Indocement di Pabrik Palimanan untuk tahun 2009 ini antara lain, di Bidang Pendidikan yakni sekolah magang Indocement menjahit, pelatihan UKM untuk tanaman jarak. Beasiswa di 14 Sekolah Dasar dan 1 Sekolah Menengah Pertama, juga membantu pembangunan sarana pendidikan di 14 pondok pesantren binaan.

Kemudian di Bidang Kesehatan, berupa puskesmas keliling, Posyandu, Unit Kesehatan Sekolah, Penyuluhan HIV/AIDS, perbaikan gizi, khitanan missal, dan kebersihan lingkungan. Sedangkan pelaksanaan program CSR di Bidang Ekonomi yakni dengan Penyaluran modal usaha sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), Pendampingan UKM, serta Bantuan mesin traktor.

Di Bidang Sosial, Budaya, Keagamaan dan Olahraga, yakni berupa Pembangunan Prasarana Umum di desa binaan antara lain seperti pengerasan jalan, pembangunan masjid, pembelian computer dan sarana prasarana desa, serta pembangunan drainase. Ada juga Liga Voli di 6 desa binaan yang masuk dalam pelaksanaan program Bidang Kepemudaan / Olahraga & Seni.