Jalan Tol Kanci Pejagalan Rampung Juli 2009

CIREBON, MC
Jalan tol Pejagan-Kanci yang menghubungkan Jawa barat dan Jawa Tengah diperkirakan pada Juli 2009 mendatang sudah dapat dipergunakan. Jika pembangunan ruas tol sepanjang 35 KM ini selesai tentunya akan mengurangi tingkat kemacetan yang menumpuk di Losari setiap arus mudik lebaran.

Rasa optimis akan selesainya pekerjaan ruas tol tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto usai melakukan pemantaun langsung menggunakan helicopter di Desa Bojong Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat (25/7).

“Ini surprise, setelah melihat dari udara proses pengerjaan berjalan lancer, bahkan saya menyaksikan ratusan alat berat tengah melakukan aktifitas. Dengan begitu saya optimis dan diperkirakan pada Juli 2009 mendatang ruas tol ini sudah bisa dioperasikan,” katanya.

Diakuinya, kaitan dengan lamanya proses penyelesaian ruas jalan tol lebih dikarenakan proses pembebasan lahan. Dan khusus di Kanci-Pejagan ini luas lahan yang belum dibebaskan memang belum 100 persen tapi masih sekitar 4 persen saja.

Kaitan dengan lahan-lahan yang terkena jalur tol dan belum terbebaskan, Djoko menghimbau agar pemerintah daerah untuk segera memperlancar oroses pembebasannya. Namun jika dilapagan kemudian terjadi kesulitan pembebasan, maka tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan konsinasi dengan pihak pengadilan.

“Dan kepada PT.Semesta Marga Raya (SMR) selaku investor yang membanguan jalan tol Kanci-Pejagan hendaknya senantiasa melibatkan pengusaha lokal untuk turut berpartisipasi dalam proses pembangunan ataupun pengurugan tanah yang saat ini tengah dilakukan,” tegasnya.

Ditempat yang sama Direktur Utama Dirut PT SMR, Harya Mitra Hidayat, jumlah lahan yang belum terbebaskan sekitar 10 hektar atau sepanjang 3,4 KM.
“Kami tetap berusaha dan berkeyakinan lahan-lahan itu akan segera dibebaskan, sehingga kami pun bisa menjalankan skedul yang diperkirakan selesai pada Juli 2009 nanti,” kata Harya seraya menambahkan lahan yang belum berhasil dibebaskan itu berada di wilayah Desa Hulubanteng Kecamtan Pabuaran Kabupaten Cirebon@MOCH.MANSUR