DamAr Turunkan "Paksinagaliman" Jalan Pantura Macet Total

CIREBON-METRO CIREBON, Pasangan calon bupati (cabup) Cirebon Djakaria Machmud dan calon wakil bupati (cawabup) Pangeran Natadiningrat yang disingkat dengan “DamAr” dideklarasikan secara terbuka di Lapangan Weru, Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, Minggu (3/8).
Prosesi deklarasi tersebut sempat memacetkan arus kendaraan yang melintas di Jalur Pantura sepanjang 3 kilometer. Pasalnya jalur kendaraan “termakan” oleh iringan-iringan kendaraan roda dua dan empat yang. Duplikat kereta kencana “Paksinagaliman” milik Keraton Kanoman sengaja dihadirkan untuk membawa Pangeran Natadiningrat dari sebuah mesjid menuju Lapangan Weru.
Selain diikuti oleh kalangan sejumlah pengurus partai pengusung diantaranya PKB, PKS, PPP dan beberapa partai non parlemen di Kabupaten Cirebon, deklarasi “DamAr” juga dihadiri oleh Ketua Umum Tanfids DPP PKB, Muhaimin Iskandar.
Pantauan yang dilakukan di lapangan, sejumlah kendaraan arah Jakarta menuju Jawa Tengah terjebak dalam iring-iringan kendaraan yang mengantar calon kandidat pilbub Cirebon yang rencananya akan digelar pada 26 Oktebor mendatang.
Kondisi yang sama juga dialami kendaraan arah Jawa Tengah menuju Jakarta . Apalagi tak jauh dari arena deklarasi terdapat pasar pasar tradasional yang setiap tahunnya terutama pada arus mudik menjadi biang keladi kemacetan. Para sopir yang terjebak iring-iringan hanya bias “pasrah” karena mereka sulit memutar arah atau mencari jalur alternatif.
Sementara itu, cabup Djakaria Machmud dalam orasinya mengatakan, jika terpilih dalam pilkada nantinya, pasangan “DamAr” akan memperbaiki infrastruktur pedesaan yang menurutnya saat ini belum begitu maksimal. Dan keberadaan infrastruktur yang baik akan mudah menggiring investor tertarik berinvestasi ke sektor-sektor yang ada di desa-desa.
Namun yang paling penting, lanjut Djakaria, yakni upaya memberantas kemiskinan dan meningkat taraf hidup masyarakat. Salah salah satu caranya yakni ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. “Pemberantasan kemiskinan merupakan salah satu tujuan yang akan kami lakukan jika nanti dipercaya memimpin Cirebon nanti,” tegasnya. @ moch. mansur