PT KAI Siapkan 67 Gerbong Tambahan Jelang Lebaran, Menhub Pantau Persiapan Jalur Pantura

METRO CIREBON - Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafei Djamal melakukan sidak ke ruang pengendalian Kerata Api di Daop III Cirebon Jawa Barat. Selain itu, Menhub beserta para rombongan melakukan pemantauan menyikap Kondisi Persiapan Arus Mudik di Jalur Pantura hingga Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/8)

Pantauan di lapangan, di ruang pengendali Kereta, Menhub sempat berbincang dengan sejumlah petugas KA dan meminta penjelasan mengenai kondisi lintasan Jalur Kereta agar tidak terjadi Kecelakaan, terutama kaitannya dengan persiapan menjelang arus mudik mendatang.

Khusus mengantisipasi lonjakan arus mudik pada lebaran nanti, Menhub menjelaskan, tahun ini pihaknya menambah 67 rangkaian gerbong kereta api. Dari jumlah 37 Rangkaian gerbong diperuntukan bagi kereta exekutif, 20 gerbong komunitas dan 20 gerbong ekonomi.

Didsamping itu juga Menhub melakukan pemantauan di Jalur Pantura, Menhub seraya menambahkan, pihaknya sudah meminta kepada kontraktor untuk secepatnya menyelesaikan proyek Kegiatan pekerjaan perbaikan Jalur Pantura paling lambat hingga H-15 nanti.

“Kita sudah minta kepada kontraktor untuk segera menyelesaikan proyek kegiatan pekerjaan Jalur Pantura,”kata Menhub Djamal di Stasiun Kereta Kejaksan Cirebon,sebelum bertolak kembali ke Jakarta.

Masih menurut Menhub, dari hasil peninjauan di lapangan terdapat tiga titik di Pantura, yang saat ini masih dalam proses penyelesaian, diantaranya di Daerah Pati, Jawa Tengah, dimana dalam pekerjaan yang dilakukan Kontraktor ada sekitar 6 KM lagi yang tengah dikerjakan. Selain itu, jalur Pekalongan-Pemalangan (sepanjang 500 meter) dan satu titik di jalur Pemalang-Tegal sepanjang 1.330 M.

“Kita dapat penjelasan dari kontraktor yang di Pati, intinya mereka dapat mengerjakan sepanjang 500 meter perhari, sedangkan di Pemalang-Tegal bisa diselesai 150 meter perhari,”ujar Menhub.

Kendati demikian, lanjut Menhub, dirinya sudah meminta kepada kontraktor untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga kondisi arus mudik nanti dapat berjalan dengan lancer, aman dan terkendali tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan bagi para pengendara arus mudik nanti, tuturnya kepada METRO CIREBON@ Moch Mansur