Kelompok Ternak Makmur Sehati Ikuti Lomba Propinsi

Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanakbunhut) telah mengikutsertakan kelompok ternak domba “Makmur Sehati” untuk mengikuti lomba Agrobisnis Peternakan tingkat Propinsi Jawa Barat. Dipilihnya kelompok ternak domba ini karena prestasinya yang terbaik di tingkat Kabupaten Cirebon.



Lomba ini sebagaimana dikatakan Kabid Peternakan Distanakbunhut Kabupaten Cirebon, Ir. Deden Erih, Selasa (28/7) lalu, penilaian lomba hanya akan menjaring juara sampai tingkat propinsi. “Saat ini penilaiannya masih berjalan. Lomba ini tidak sampai ke tingkat nasional karena memang agenda propinsi,” kata Deden.

Adapun beberapa materi yang jadi poin penilaian tim dewan juri dalam lomba ternak domba tersebut, meliputi dinamika kelompok, pemeriksaan uji tehnis, termasuk juga mengenai tata pengelolaan pakan ternak. “Yang jelas tim penilai mempunyai standar, ilustrasi dan data-data tehnis. Misalkan dari sisi tehnis pemeriksaan, akan menilai penguasaan pemahaman dari kelompok tersebut. Penilaian uji tehnis juga menyangkut bibit, pakan, kandang dan pengelolaan kesehatan,” ujarnya.

Dalam lomba ini biasanya kelompok akan mendapat semacam reward berupa bantuan ternak, juga bantuan dana seperti digunakan untuk pengembangan kawasan ternak. “Biasanya kelompok itu akan memanfaatkan untuk sarana dan prasarana, misalnya jalan masuk kawasan ternak yang tadinya tanah dipasang paving block,” tambahnya