Pengawasan Kurang Pro Aktif, Pekerjaan Irigasi II Amburadul

METRO CIREBON, SUBANG – Pengawasan dari pihak Satuan Kerja PPK Irigasi II snvt PPSDA Citarum, Curug Karawang lemah, pasalnya pelaksana teknis yang diterjunkan dalam pekerjaan proyek rehabilitasi saluran sekunder Sukamandi paket 1 belum mempunyai sertifikasi teknis
Pantas saja apabila pekerjaan yang telah berlangsung selama 3,5 bulan baru mencapai 20 prosen, dan pekerja kuli yang memesang batu muka tidak dibarengi pekerja ahli dari perusahaan dan seluruh pekerja yang berjumlah 210 orang yang ditangani oleh 7 mandor berasal pekerja kuli lokal.

Sehingga sejumlah pekerjaan yang telah, sedang dan akan dikerjakan kualitasnya perlu dipertanyakan, sebab dilapangan sejumlah titik pekerjaan yang telah selesai saat ini telah mengalami kerusakan yakni kondisinya retak-retak. Dan menurut seorang pekerja yang meminta namanya dirahasiakan pekerjaan leaning yang telah diselesaikan mengalami keretakan karena pada saat pemasangan pondasi tidak dibubuhi adukan, alias pemasangan batu kosong.

“Jelas saja pak, keretakan pekerjaan leaning akan terjadi karena pekerjaan yang saya kerjakan pada saat pemasangan pondasi tidak dibarengi adukan karena kondisi air sangat dalam dan deras,”aku pekerja.

Sementara menurut Direktur utama PT. Dosro H Indah Jakarta, Horison Simanjuntak, adanya paryawan pelaksana teknis direkrut oleh pihak Satuan Kerja PPK Irigasi II snvt ppsda Citarum, Curug Karawang. Horizon mengaku tidak tahu menahu apabila pelaksana teknis yang ditempatkan diperusahaannya mempunyai sertifikasi teknis maupun tidak.

“Silahkan anda tanya sendiri kepada pihak PU (maksud Horison, Satuan Kerja PPK Irigasi II snvt ppsda Citarum, Curug Karawang), karena pihak PU lah yang merekrut dia,”unjuk Horison.

Dua Pengawas dari Satuan Kerja PPK Irigasi II snvt ppsda Citarum, Curug Karawang, Tamim dan Rahmat, pada saat akan ditemui wartawan Koran ini dilokasi proyek SS Sukamandi paket 1 terkesan berlari-lari kecil dan mungkin mencoba untuk menghindar dari kejaran wartawan (PIRDAUS/HIDAYAT)